DPRD Minta Fungsi Dermaga Bahtera Jaya Dioptimalkan

By Admin


nusakini.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta mengoptimalkan keberadaan Dermaga Bahtera Jaya Ancol, sebagai pelabuhan kapal pengangkut orang dari Kabupaten Kepulauan Seribu menuju daratan Ibukota dan sebaliknya.

"Kondisi Dermaga Bahtera Jaya Ancol saat ini menganggur. Sayang, tidak difungsikan secara optimal," kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Sarifudin.

Dia mengatakan, Dermaga Bahtera Jaya saat ini digunakan menjadi tempat sandar sebagian besar kapal tongkang yang dikelola oleh Pelindo.

Agar dapat berfungsi optimal, lanjut sarifudin, dewan akan mengusulkan Dermaga Bahtera Jaya dijadikan sebagai pelabuhan bagi kapal pengangkut orang. 

"Kapal pengangkut orang yang selama ini bersandar di Pelabuhan Muara Angke lebih baik dipindahkan ke Bahtera Jaya sehingga pengawasan terhadap sarana transportasi laut lebih mudah di masa mendatang," ujarnya.

Dia mengaku, pihaknya juga telah berulang kali mengingatkan agar instansi terkait segera melakukan langkah konkret pembenahan sarana dan prasarana transportasi laut dari Jakarta menuju Kepulauan Seribu.

"Armada kapal pengangkut orang dari pulau menuju daratan juga harus diremajakan. Ini untuk memberikan jaminan keselamatan bagi warga pulau maupun wisatawan," tandasnya. (pr/kj/al)